PROSES SELEKSI PEGAWAI TIDAK TETAP DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BOTUMOITO

  • Usan Bagou STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Proses, Seleksi, Pegawai, Tidak, Tetap

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses Seleksi Petugas Tidak Tetap di SMA Negeri 1 Botumoito. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Sumber informan adalah  kepala SMA Negeri 1 Botumoito, pegawai dan petugas. Sumber data primer dan dukungan dokumen sebagai sumber data sekunder. Metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan data yang diperoleh selanjutnya dan dianalisis dengan menggunakan tahapan analisis domain, langkah-langkah, analisis taksonomi, dan analisis tema.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses seleksi petugas di SMA Negeri 1 Botumoito dilakukan melalui proses analisis kebutuhan, penentuan uraian tugas dan spesifikasi jabatan / pekerjaan, sosialisasi penerimaan-penerimaan, pendaftaran penerimaan-penerimaan, pemilihan dan lokasi petugas saat ini.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses seleksi melalui sosialisasi penerimaan belum dilakukan secara terbuka melalui media massa, materi seleksi yang sederhana dari pekerjaan yang akan dijalani serta ketiadaan proses orientasi sebelum penempatan secara tetap.

Berdasarkan simpulan di atas maka dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut: Kepada Pihak sekolah hendaknya dalam proses seleksi telah menggunakan media massa dalam pelaksanaan sosialisasi penerimaan, yang memungkinan banyak pihak yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai dapat melamarkan diri. Materi seleksi yang diujikan hendaknya dapat menggambarkan kompleksitas pekerjaan yang akan dilakukan nanti pada saat ditempatkan serta Perlu kiranya dilakukan proses orientasi untuk melihat kesesuaian kompetensi dan kemampuannya dalam melaksanakan perkajaan yang dilakukan sebelum ditetapkan sebagai staf pada bagian tertentu.

 

Kata kunci: Proses, Seleksi, Pegawai, Tidak, Tetap

Published
2020-01-23