FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PEMUNGUTAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KELURAHAN BIAWAO KECEMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO

  • Ratna Alintuka STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pemungutan, Pajak, Bumi, Bangunan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu metode deskriptif pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data utama adalah wawancara menggunakan daftar pertanyaan/angket yang disebarkan kepada sejumlah 46 responden. Untuk melengkapi data penelitian, dilakukan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi atau pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan masalah penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan keseluruhan responden yang merupakan wajib pajak dan aparat Pemungut Pajak yakni 46 orang menyatakan menghambat tentang faktor-faktor penghambat pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB), ini dibuktikan dari jawaban angket yang diisi, lebih jelasnya sebagai berikut :indikator struktur sosial masyarakat adalah 3,99, termasuk dalam kategori menghambat, indikator sikap petugas dalam menagih PBB adalah 3,76, termasuk dalam kategori menghambat, indikator sanksi dalam PBB adalah 4,21,termasuk dalam kategori sangat menghambat. Hasil skor rata-rata secara keseluruhan tentang mengetahui faktor-faktor penghambat pungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) adalah 3,99, termasuk dalam kategori menghambat.

Dengan demikian pandangan responden terhadap faktor-faktor penghambat pungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kelurahan Biawao Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dalam kategori baik, namun masih perlu diperhatikan lebih lanjut terutama pada aspek-aspek lain yang.

 

Kata Kunci: Pemungutan, Pajak, Bumi, Bangunan

Published
2020-01-17