MEKANISME PEMBERIAN NILAI MELALUI INSTRUMEN DAFTAR PENILAIAN PEKERJAAN (DP3) DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (BKD-DIKLAT) KABUPATEN BOALEMO

  • Nolfi S. Tueno STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Mekanisme, Penilaian, Daftar, Pelaksanaan, Kerja

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran mengenai Mekanisme Pemberian Nilai Melalui Instrumen Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3) di Badan Kepegawaian Pemerintah Daerah, Pendidikan dan Pelatihan (BKD-DIKLAT) Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap informan, observasi, dan pencatatan data sekunder.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme penilaian melalui daftar instrumen pelaksanaan kerja penilaian, belum dilaksanakan sesuai dengan ketentuan sistem penilaian yang tepat berdasarkan kondisi nyata karyawan.

Disarankan, harus dilakukan secara obyektif berdasarkan standar, untuk menerapkan mekanisme banding dalam proses penilaian oleh penilai resmi untuk nilai yang tercantum dalam daftar instrumen pelaksanaan kerja penilaian, dan membuat daftar pelaksanaan kerja penilaian sebagai dokumen rahasia Negara yang memiliki nilai psikologis dalam memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengajukan banding, sebagai motivasi untuk meningkatkan karya mereka di masa depan.

 

Kata Kunci: Mekanisme, Penilaian, Daftar, Pelaksanaan, Kerja

Published
2020-01-17