EFEKTIVITAS PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL KEPADA KELOMPOK USAHA BERSAMA DI KECAMATAN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

  • Lisda Van Gobel STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Sabriana Oktaviana Gintulangi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Efektivitas, Pemberian, Bantuan, Sosial, KUBE

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana untuk memperoleh data yang dibutuhkan menggunakan tehnik wawancara sebagai sumber data primer, dan melakukan studi kepustakaan untuk mendapatkan sumber data sekunder.

Hasil penelitian menemukan bahwa Efektifitas Pemberian Bantuan Sosial Kepada KUBE fakir miskin yang ada di Kecamatan Posigadan belum optimal. Hal ini terlihat dari rendahnya pendapatan dan taraf hidup KUBE fakir miskin itu sendiri disebabkan oleh permasalahan yang dihadapi oleh KUBE seperti: (1) intervensi aparat desa yang begitu besar dalam proses pembentukan KUBE, (2) Belum maksimalnya pemanpaatan anggaran bantuan sosial yang diberikan kepada KUBE, (3) Tidak adanya pembinaan tehnis dari pemerintah kecamatan Posigadan, (4) KUBE masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya karena rendahnya life skill yang dimiliki.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa, Efektivitas pemberian Bantuan Sosial Kepada KUBE dipengaruhi oleh: (1) Ketepatan sasaran program bantuan sosial, (2) Kemampuan aparat pemerintah Kecamatan Posigadan, (3) Kemampuan anggota KUBE.

Disarankan: (1) Peran besar pemerintah desa perlu dibatasi sehingga pencapaian sasaran dapat tercapai (2) Perlunya peningkatan peran pemerintah Kecamatan Posigadan, (3) perlunya peningkatan kemampuan anggota KUBE sehingga pemanfaatan anggaran bantuan sosial dan pengembangan usaha dapat terwujud.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pemberian, Bantuan, Sosial, KUBE

Published
2020-01-17