FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA DI KANTOR CAMAT BOTUMOITO KABUPATEN BOALEMO

  • Amrain Mustafa STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Penyusunan, Anggaran, Berbasis, Kinerja

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang menghambat dalam penyusunan anggaran berbasis kinerja, melalui 3 (tiga) indikator utama, yaitu faktor kemampuan merencanakan, kemampuan melakukan pekerjaan, dan kemampuan melakukan komunikasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan skala likert bergradasi 5 yang disebarkan kepada 34 orang responden.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemampuan merencanakan penyusunan anggaran berbasis kinerja di Kantor Camat Botumoito berada pada tingkatan sedang yaitu 3,05 dengan kategori kurang sesuai. Kemampuan melaksanakan pekerjaan penyusunan anggaran berbasis kinerja di Kantor Camat Botumoito berada pada tingkatan sedang yaitu 2,73 dengan kategori kurang sesuai. Kemampuan melakukan komunikasi dalam penyusunan anggaran berbasis kinerja di Kantor Camat Botumoito berada pada tingkatan tinggi yaitu 3,39 dengan kategori sesuai. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kemampuan merencanakan, kemampuan melakukan pekerjaan, dan kemampuan melakukan komunikasi adalah kurang sesuai dengan perolehan skor 3,06 yang berarti berada pada tingkatan sedang.

Berdasaarkan simpulan tersebut disarankan bahwa perlu adanya evaluasi dan perbaikan pada faktor kemampuan merencanakan dengan mengikutsertakan para aparat kantor camat untuk mengikuti berbagai pelatihan perencnaan anggaran berbasis kinerja. Perlu adanya evaluasi dan perbaikan pada faktor kemampuan melaksanakan pekerjaan dengan mengikutsertakan para aparat kecamatan pada berbagai pelatihan sesuai dengan bidang kerjanya, disamping perlu adanya pengawasan kontinyu dari pimpinan terhadap pelaksanaan tupoksi aparat kecamatan. kemampuan komunikasi agar lebih ditingkatkan terutama pada aspek pelayanan terhadap masyarakat di Kecamatan Botumoito.

 

Kata Kunci: Penyusunan, Anggaran, Berbasis, Kinerja

Published
2020-01-17