ADMINISTRASI RETRIBUSI ANGKUTAN PENUMPANG DAN BARANG DI DINAS PERHUBUNGAN PARIWISTA KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Nolfi S. Tueno STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Administrasi, Retribusi, Angkutan, Penumpang, Barang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang administrasi retribusi angkutan penumpang dan barang  di Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Bolango.  Jenis penelitian yang digunakan adalah survei pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner/daftar pertanyaan, yang disebarkan kepada 56 (lima puluh enam) responden pegawai negeri sipil. Pengumpulan data lainnya melalui observasi dan dokumentasi untuk melakukan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil rekapitulasi hasil analisis tabel, diperoleh skor rata-rata 1,62 kategori sedang. Kategori tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan administrasi retribusi angkutan penumpang dan barang, dinilai kurang baik. Rendahnya skor tersebut, disebabkan tidak seluruhnya responden terlibat secara langsung dalam kegiatan administrasi retribusi angkutan penumpang dan barang. Setiap responden memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupokasi) yang tersebar di unit-unit kerja yang tidak secara keseluruhan mengurus administrasi retribusi sebagaimana tercantum dalam struktur organisasi di Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan rekapitulasi persentase jawaban responden seperti diuraikan pada tabel, menunjukkan 17,86% responden yang menjawab selalu, 32,14% responden menjawab kadang-kadang, dan sebagai besar atau 50% responden yang menjawab tidak pernah. Dengan demikian maka persentase tertinggi pada jawaban tidak pernah. Rekapitulasi persentase jawaban responden tersebut memperkuat asumsi bahwa sebagian besar responden tidak terlibat dalam kegiatan administrasi retribusi angkutan penumpang dan barang.

Disarankan perlunya pimpinan organisasi lebih memperhatikan pengaturan tugas pegawai yang terlibat dalam kegiatan administrasi mulai dari menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan bukti-bukti potongan hasil retribusi angkutan umum dan barang.

 

Kata Kunci: Administrasi, Retribusi, Angkutan, Penumpang, Barang

Published
2020-01-14