FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI KTP ELEKTRONIK (e-KTP) DI KECAMATAN KOTA TIMUR KOTA GORONTALO

  • Rahmiyati Saleh STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Implementasi, Kartu, Tanda, Penduduk, Elektronik

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini terdiri dari satu variabel (variable tunggal) yaitu Faktor-faktor Penghambat Implementasi KTP Elektronik (e-KTP) dengan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor Penghambat Implementasi KTP Elektronik (e-KTP). Data hasil penelitian akan dianalisis dengan menggunakan skala likert bergradasi 5 (lima) melalui sistim pembobotan kuesioner. Variabel penelitian ini dijabarkan ke dalam 4 (empat) indikator utama, meliputi: faktor komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana dan struktur birokrasi. Keempat indikator tersebut dijabarkan kedalam 12 pernyataan kuesioner yang disebarkan kepada 34 orang responden.

Hasil penelitian secara umum pelaksanaan implementasi e-KTP di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo belum terlaksana secara maksimal, yang ditunjukkan dengan banyaknya masyarakat yang belum melakukan perekaman.

Berdasarkan simpulan tersebut maka disaran agar Pemerintah Kecamatan Kota Timur harus lebih meningkatkan ketepatan informasi yang disampaikan kepada masyarakat sehingga implementasi e-KTP dapat terlaksana dengan maksimal, melakukan penyeleksian lebih khusus kepada tenaga ahli komputer dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Hal tersebut akan menunjang keberhasilan pelaksanaan implementasi e-KTP di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo.

 

Kata Kunci: Implementasi, Kartu, Tanda, Penduduk, Elektronik

Published
2020-01-14