ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT PEGAWAI DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK PROVINSI GORONTALO

  • Maryam D. Poma STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Analisis, Kebutuhan, Pendidikan, Pelatihan, Pegawai

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban tentang proses Analisis Kebutuhan Diklat bagi para pegawai di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang meliputi Sekretaris Badan, Kepala Bidang Pembinaan Politik, Kepala Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Kepala Bagian Keuangan dan 6 orang infoman lainnya adalah pejabat fungsional umum di masing-masing Bidang/ Bagian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat sejumlah pegawai yang belum memiliki standar kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan dalam jabatan.  Oleh karena itu, peningkatan kompetensi dalam rangka menunjang proses dan hasil pelaksanaan tugas dan fungsi merupakan tanggung jawab yang semestinya dilakukan oleh institusi. Salah satu sarana dalam meningkatkan kompetensi tersebut adalah melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Untuk mengetahui perlu atau tidaknya pegawai untuk diikutsertakan dalam suatu program diklat, maka terlebih dahulu harus dilakukan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD), dan hasil AKD. Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian ini adalah hasil Analisis Kebutuhan Diklat berupa jenis-jenis Diklat pegawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Gorontalo pada bulan Januari hingga Bulan Mei 2014.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan bahwa hasil dan kesimpulan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) bukanlah merupakan hasil maupun kesimpulan final. AKD sebaiknya dilakukan secara kontinu dari tahun ketahun sehingga dapat menghasilkan produk AKD yang aktual, faktual dan komprehensif. Sehingga pada gilirannya para pengambil kebijakan di setiap intitusi akan menjadikan hasil dan kesimpulan AKD sebagai dasar dalam menetukan para pegawai yang diprioritaskan untuk memperoleh Pendidikan dan Pelatihan.

 

Kata Kunci: Analisis, Kebutuhan, Pendidikan, Pelatihan, Pegawai

Published
2020-01-14