FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT EFEKTIVITAS KERJA PETUGAS PELAPORAN PROGRES FISIK DAN KEUANGAN DI LINGKUNGAN SATUAN KERJA PENGEMBANGAN KAWASAN PEMUKIMAN DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI GORONTALO

Keywords: Efektivitas, Kerja, Progres, Fisik, Keuangan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat efektivitas kerja petugas pelaporan progres fisik dan keuangan di Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu deskriptif pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data utama adalah instrumen menggunakan daftar pertanyaan/angket yang disebarkan kepada sejumlah 61 responden. Untuk melengkapi data penelitian, dilakukan pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi atau pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan masalah penelitian. Indikator dalam penelitian ini terdiri dari karakteristik organisasi, karakteristik lingkungan, karakteristik pekerja, kebijakan dan praktek manajemen.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan keseluruhan responden yang ada di Kantor Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo yakni 61 responden menyatakan cukup baik dengan kriteria sedang tentang faktor-faktor penghambat efektivitas kerja petugas pelaporan progres fisik dan keuangan, ini dibuktikan dari jawaban angket yang diisi, lebih jelasnya sebagai berikut: indikator karakteristik organisasi adalah 3,38 termasuk dalam kategori baik dengan kriteria tinggi, indikator karakteristik lingkungan adalah 2,66 termasuk dalam kategori cukup baik dengan kriteria sedang, indikator karakteristik pekerja adalah 2,53 termasuk dalam kategori cukup baik dengan kriteria sedang, indikator kebijakan dan praktek manajemen adalah 2,78 termasuk dalam kategori cukup baik dengan kriteria sedang. Hasil skor rata-rata secara keseluruhan tentang faktor-faktor penghambat efektivitas kerja petugas pelaporan progres fisik dan keuangan di Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Gorontalo adalah 2,84 termasuk dalam kategori cukup baik dengan kriteria sedang.

Dengan demikian pandangan responden terhadap faktor-faktor penghambat efektivitas kerja petugas pelaporan progres fisik dan keuangan dalam kategori cukup baik dengan kriteria sedang, namun masih perlu diperhatikan lebih lanjut.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Kerja, Progres, Fisik, Keuangan

Published
2020-01-14