PERENCANAAN PENEMPATAN WARGA TRANSMIGRASI OLEH DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BOALEMO

  • Ellys Rachman STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Perencanaan, Penempatan, Transmigrasi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Penempatan Warga Transmigrasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Boalemo. Fokus penelitian ini dijabarkan ke dalam 2 (dua) dimensi perencanaan, yaitu: Dimensi perencanaan terintegrasi, dan Dimensi perencanaan komprehensif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara dengan 6 orang informan, dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang difokuskan pada: perencanaan penempatan warga transmigrasi, yang dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Boalemo.

Berdasarkan analisis data maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Perencanaan penempatan warga transmigrasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Boalemo masih kurang terintegrasi, yang disebabkan oleh lemahnya koordinasi, komunikasi dan kerjasama lintas sektoral, dan perencanaan penempatan warga transmigrasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Boalemo masih kurang komprehensif, yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan sektorlam melakukan survey, identifikasi maupun pendataan terhadap daya dukung wilayah/area penempatan.

Berdasarkan simpulan tersebut di atas maka dapat diajukan beberapa saran, di antaranya: Jalinan koordinasi, komunikasi dan kerjasama perlu ditingkakan untuk mencapai suatu perencanaan yang terintegrasi dengan baik dalam mensukseskan pelaksanaan program transmigrasi di Kabupaten Boalemo. Perlunya peningkatan keterlibatan dan kepedulian dari seluruh instansi yang terkait dalam perencanaan daya dukung area penempatan warga transmigrasi, agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan target dan tujuan yang telah ditetapkan.

 

Kata Kunci: Perencanaan, Penempatan, Transmigrasi

Published
2020-01-14