PERAN PENDAMPING DALAM PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Usan Bagou STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Peran, Pendamping, Program, Keluarga, Harapan

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendamping dalam program keluarga harapan di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemutahiran data yang dilakukan oleh Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara tidak maksimal. Verifikasi data yang dilakukan oleh Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara tidak Akurat. Pengawasan dalam pemanfaatan dana bantuan yang diterima oleh masyarakat penerima manfaat yang dilakukan oleh Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara tidak dilakukan sebagai mana mestinya.

Disarankan agar Pendamping Program Keluarga Harapan (PH) sebaiknya melakukan Sosialisasi kepada seluruh masyarakat yang ada di Desa; sebaiknya melakukan Pemutahiran data kepada penerima manfaat dan seluruh masyarakat miskin, dengan melibatkan Pemerintah Desa; sebaiknya melakukan Verifikasi data yang dimmiliki oleh Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dengan sebenar-benarnya dengan melibatkan Pemerintah Desa; sebaiknya melakukan Pengawasan yang tegas terhadap pemanfaatan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) oleh masyarakat penerima Program; Pemerintah Daerah sebaiknya mengadakan monitoring dan evaluasi terhadap Kinerja Pendamping Program Keluarga Harapan, dan Penerima Program PKH itu sendiri.

 

Kata Kunci: Peran, Pendamping, Program, Keluarga, Harapan

Published
2020-01-13