KINERJA PEGAWAI DINAS TATA KOTA DAN PERTAMANAN KOTA GORONTALO DALAM PENATAAN TAMAN KOTA

  • Tety Thalib STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kinerja, Pegawai, Penataan, Taman, Kota

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah membahas mengenai Kinerja Pegawai Dinas Tata Kota Dan Pertamanan Kota Gorontalo Dalam Penataan Taman Kota. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penunjukkan bahwa penataan taman kota yang dilaksanakan oleh petugas Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Gorontalo dilihat dari segi kualitas kerja, efektivitas kerja, komitmen kerja dan responsivitas sudah kurang baik karena masih terdapat beberapa kendala seperti masih rendahnya kualitas kerja petugas yang masih terkesan menunda-nunda pekerjaan, fasilitas tampak sudah tidak berfungsi maupun masih kurang dari segi kuantitas sehingga menyebabkan ketidakpuasan masyarakat, kurang maksimalnya koordinasi antara petugas dengan aparat Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Gorontalo serta rendahnya responsivitas petugas dalam mengambil inisiatif ketika terjadi masalah dan cenderung menunggu perintah dari pihak Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Gorontalo.

Saran yang dapat diberikan kepada pihak Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Gorontalo untuk dapat memperhatikan empat faktor yakni perlu meningkatkan kualitas kerja, efektivitas kerja, komitmen kerja dan responsivitas agar kinerja petugas dalam penataan taman kota menjadi lebih maksimal dan membuat masyarakat senang bermain-main bersama anak-anak mereka.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pegawai, Penataan, Taman, Kota

Published
2020-01-13