KINERJA PENGURUS PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI KELURAHAN BOLIHUANGGA KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

  • Lisda Van Gobel STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kinerja, Pemberdayaan, Kesejahteraan, Keluarga

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Bolihuangga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis kualitatif. Penelitian ini berfokus pada produktivitas kerja, kualitas, responsivitas, dan akuntabilitas.  Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah teknik observasi, wawancara dan pencatatan data sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengurus PKK belum memiliki kemampuan dalam melaksanakan setiap tugas, sehingga tugas-tugas yang dilaksanakan kurang berkualitas dan kurang memenuhi harapan; (2) pengurus PKK yang ada, belum mampu melakukan tugas secara mandiri; (3) pengurus PKK dalam menjalankan misi dan tujuan program PKK belum terwujud sesuai dengan harapan masyarakat; (4) pengurus PKK belum mampu pertanggungjawaban setiap pelaksanaan program kegiatan PKK yang telah ditetapkan, dan belum konsisten dengan apa yang dikehendaki masyarakat dan nilai-nilai serta norma yang berkembang dimasyarakat.

Adapun hal-hal yang disarankan dalam penelitian ini yakni Perlunya pengurus PKK diikutkan dalam setiap pelatihan keterampilan dan diberikan bimbingan teknis serta pelatihan manajemen kepemimpinan, agar produktivitas kerjanya meningkat. Perlunya pengurus PKK di tingkatkan sumber daya manusianya melalui pendidikan formal dan non formal. Agar pelaksanaan kegiatan PKK oleh pengurus lebih berkualitas dan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Perlunya pengurus PKK meningkatkan akuntabilitasnya dalam setiap pelaksanaan kegiatan PKK, agar pelaksanaan program PKK lebih konsisten dengan apa yang dikehendaki masyarakat dan sesuai dengan nilai-nilai serta norma yang berkembang di masyarakat. 

 

Kata Kunci:  Kinerja, Pemberdayaan, Kesejahteraan, Keluarga

Published
2020-01-13