PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR TERJUN BONDULA OLEH DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Ellys Rachman STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Sabriana Oktaviana Gintulangi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pengembangan, Objek, Wisata, Air Terjun

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai Pengembangan Objek Wisata Pemandian Air Terjun Bondula Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara. Dan jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan, sumber daya manusia, penataan lokasi wisata dan sarana prasarana.

Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari  perencanaan dalam hal pemeliharaan dan pelestarian belum berjalan dengan baik, sehingga objek wisata belum berkembang yang dampaknya PAD belum meningkat. Ditinjau dari sumber daya manusia, jumlah pegawai yang ditugaskan belum dapat mengelola objek wisata karena pegawai tidak pernah mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Ditinjau dari segi penataan lokasi wisata, objek wisata tidak dirawat dan tidak tertata dengan baik, disebabkan kurangnya anggaran untuk penataan tersebut, sehingga objek wisata tersebut tidak dapat menarik pengunjung untuk datang. Ditinjau dari segi sarana prasarana, akses jalan dan penginapan yang disediakan belum memadai, sehingga terkesan terjadi pembiaran oleh pemerintah.

Berdasarkan hasil penelitian, maka direkomendasikan bahwa perlunya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam melaksanakan perencanaan awal tentang pengembangan objek wisata harus didukung oleh jumlah objek wisata agar semua objek wisata dapat dikelola dengan baik. Perlu peningkatan jumlah sumber daya manusia yang bertugas mengelola objek wisata serta kemampuan pegawainya agar supaya dalam mengelola objek wisata memahami tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Perlunya pemerataan penataan lokasi wisata yang dilakukan oleh dinas terkait, sehingga tidak terkesan dibiarkan saja. Perlunya peningkatan sarana prasarana terutama jalan menuju obyek wisata.

Kata Kunci:  Pengembangan, Objek, Wisata, Air Terjun

Published
2020-01-11