KEMAMPUAN PENGRAJIN KERAWANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI DESA LEBOTO KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Moh. Abukabar Talalu STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Nangsi A. Yunus STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kemampuan, Kelompok, Peningkatan, Pendapatan

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Kemampuan Pengrajin Kerawang Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Desa Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan pedoman wawancara yang diajukan kepada sejumlah informan. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis dalam bentuk kata-kata lisan maupun tulisan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan yang dimiliki oleh sebagian anggota kelompok sangat terbatas dalam hal memenuhi motif  yang sesuai permintaan konsumen karena di latar belakangi oleh pendidikan yang hanya sampai pada sekolah menegah pertama, Keterampilan anggota dalam memenuhi permintaan masih sangat terbatas di sebabkan oleh permintaan pelanggan yang sesuai dengan kemauan pelanggan tidak mampu dipenuhi ataupun keterampilan dalam menciptakan ide baru dalam pembuatan motiv tidak pernah terlihat tetapi selalu mengandalakan hasil yang sudah ada Dan Inovasi anggota kelompok masih kurang dalam hal untuk pengembangan usaha kelompok kerawang perlu menambah referensi atau ide yang dilakukan untuk memperbanyak pengetahuan melalui membaca atau mencari alternatif lain akan tetapi itu belum mereka lakukan karena masih sering mengikuti konsep motif yang mereka tahuyang belum optimal untuk memberikan peningkatan pendapatan pengrajin kerawang.

Disarankan perlunya Kemampuan Pengrajin Kerawang Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Desa Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara: Perlu adanya pengetahuan yang dimiliki oleh Anggota Kelompok Pengrajin Kerawang Untuk Peningkatan Pendapatan Kelompok Pengrajin Kerawang, Perlu adanya Keterampilan yang dimiliki oleh Anggota Kelompok Pengrajin Kerawang Untuk Peningkatan Pendapatan Kelompok Pengrajin Kerawang, Perlu adanya inovasi yang dimiliki oleh Anggota Kelompok Pengrajin Kerawang Untuk Peningkatan Pendapatan Kelompok Pengrajin Kerawang secara optimal

Kata kunci: Kemampuan, Kelompok, Peningkatan, Pendapatan

Published
2020-01-10