PEMBINAAN PENCARI KERJA PENYANDANG CACAT OLEH DINAS TRANSMIGRASI DAN TENAGA KERJA KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Nolfi S. Tueno STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Masri Mane Adjula STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pembinaan, Pencari Kerja, Penyandang Cacat

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembinaan Pencari Kerja Penyandang Cacat oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Gorontalo Utara. Dengan fokus penelitian yaitu kesiapan aparat, sarana dan prasarana, serta anggaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan pencatatan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dilihat dari aspek kesiapan aparat belum optimal atau belum menunjang, (2) Dilihat dari aspek sarana dan prasarana belum optimal atau belum menunjang, (3) Dilihat dari aspek anggaran belum optimal atau belum menunjang. Secara keseluruhan bahwa penelitian Pembinaan Pencari Kerja Penyandang Cacat oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Gorontalo Utara yang dilihat dari aspek kesiapan aparat, sarana dan prasarana, dan anggaran belum optimal atau belum menunjang.

Adapun hal disarankan dalam penelitian ini adalah perlunya aparat yang memberikan pembinaan untuk meningkatkan kemampuannya melalui pelatihan-pelatihan khusus tentang pembinaan pencari kerja penyandang cacat. Perlunya pemerintah daerah melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja untuk melakukan koordinasi dalam hal penyediaan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembinaan bagi pencari kerja penyandang cacat. Perlunya pemerintah daerah dapat menganggarkan setiap tahunnya melalui APBD porsi anggaran untuk kegiatan pembinaan bagi pencari kerja penyandang cacat, agar pelaksanaan program ini dapat berjalan secara efektif dan berkesinambungan.Perlunya pemerintah daerah melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja untuk memperhatikan aspek-aspek yang menjadi kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan bagi pencari kerja penyandang cacat.

Kata Kunci:  Pembinaan, Pencari Kerja, Penyandang Cacat

Published
2020-01-10