PENGELOLAAN USAHA KECIL KIOS TANI OLEH KELOMPOK MAWAR DI DESA OMBULODATA KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Amrain Mustafa STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Nangsi Mahmud STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Usaha, Kecil, Kios Tani

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Usaha Kecil Kios Tani Oleh Kelompok Mawar Di Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan pedoman wawancara yang diajukan kepada sejumlah informan. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis dalam bentuk kata-kata lisan maupun tulisan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan melalui sosialisasi sudah pernah di lakukan akan tetapi hasil dari sosialisasi belum mampu mengubah perilaku petani, sosialisasi melalui penyuluhan belum memberikan perubahan dalam diri petani yang mencakup tingkat pengetahuan, kecakapan, kemampuan, sikap, dan motivasi petani terhadap kegiatan usaha tani. Pengetahuan sumber daya manusia sebagai anggota pengurus kios tani masih sangat kurang disebabkan penguasaan disiplin ilmu pertanian tidak pernah mereka tahu yang perlu penyesuaian waktu untuk mempelajarinya untuk memberikan hasil yang maksimal. Strategi penjualan belum maksimal disebabkan keterbatasan anggaran yang tersedia, keterlambatan pengiriman stok barang pertanian yang akhirnya tidak mampu memenuhi permintaan petani. Kurangnya evaluasi yang dilakukan oleh pengurus kelompok tidak mengetahui kekosongan barang pertanian  tidak dapat memenuhi permintaan petani, hasil penjualan tidak seimbang dengan pendapatan sehingga sering mengalami kerugian dalam penjualan atau sebagian stok barang sudah kadaluarsa untuk di gunakan.

Pengelolaan Usaha Kecil Kios Tani Didesa Ombulodata Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara didasarkan pada Perencanaan, Pengetahuan, Strategi, Evaluasi belum optimal untuk peningkatan pendapatan usaha.

 

Kata kunci: Pengelolaan, Usaha, Kecil, Kios Tani

Published
2020-01-10