FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PELAYANAN PENERBITAN IZIN TRAYEK ANTAR KOTA DALAM PROVINSI (AKDP) DI DINAS PERHUBUNGAN, PARIWISATA, KOMUNIKASI, DAN INFORMATIKA PROVINSI GORONTALO

  • Usan Bagou STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pelayanan, Penerbitan, Izin Trayek, Antar Kota

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelayanan penerbitan izin trayek Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Gorontalo. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan, observasi dan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pelayanan penerbitan izin trayek AKDP di Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Gorontalo dari aspek penyampaian persyaratan belum optimal. Pelayanan penerbitan izin trayek AKDP di Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Gorontalo dari aspek sumber daya manusia belum optimal. Pelayanan penerbitan izin trayek AKDP di Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Gorontalo dari aspek sarana dan prasarana belum optimal. Secara keseluruhan bahwa Pelayanan penerbitan izin trayek AKDP di Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Gorontalo masih belum optimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya; informasi persyaratan yang kurang jelas, minimnya sumber daya manusia dan keterbatasan sarana dan prasarana.

Disarankan, perlunya memberikan informasi kepada publik khususnya bagi para pemilik angkutan yang bersifat jelas dan tuntas terkait dengan persyaratan izin trayek AKDP. Perlunya menambah dan meningkatkan kualitas petugas pelayanan izin trayek AKDP. Perlunya menambah dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pelayanan izin trayek AKDP.

 

Kata Kunci: Pelayanan, Penerbitan, Izin Trayek, Antar Kota

Published
2020-01-10