PENGELOLAAN USAHA PENYEDIAAN AIR ISI ULANG DI DEPOT AQUA REST DESA CISADANE KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Rahmiyati Saleh STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pengelolaan, Usaha, Air Isi Ulang

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui tentang Pengelolaan Usaha Penyediaan Air Minum Isi Ulang di Depot Aqua Rest Desa Cisadane Kecamatan Kwandang. Penelitian ini difokuskan melalui pada Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan kurangnya perencanaan dalam pengadaan mesin produksi air minum isi ulang yang berkualitas. Hal ini nampak pada mesin produksi yang beroperasi tidak menggunakan jenis teknologi Reverse Osmosis (RO) yang dapat menyaring hingga 99% potula/bakteri didalam air. Hal tersebut berdampak pada kualitas air isi ulang hanya dalam waktu 2 hari sudah berubah warnanya menjadi keruh, rasa yang berbeda dari biasanya bahkan seringkali terdapat jentik-jentik nyamuk. Sehingga mesin produksi yang digunakan saat ini seringkali menghasilkan kualitas air yang kurang baik untuk di konsumsi. Pelaksanaan pengemasan produksi air minum isi ulang di Depot Aqua Rest Desa Cisadane Kecamatan Kwandang perawatannya belum maksimal. Sehingga kebersihan alat penampung serta galon air tidak terjamin. Kurangnya pengawasan dari pemilik Depot Aqua Rest terhadap proses produksi air minum isi ulang. Kenyataannya belum adanya tanggung jawab karyawan yang ditugaskan dalam mengelola, merawat dan menjaga peralatan. Sehingga hasil dari kualitas airnya kurang baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Usaha, Air Isi Ulang

Published
2020-01-10