OPTIMALISASI PEMANFAATAN PASAR DESA MOLUO KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Sulastri Ambo STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pertanggungjawaban, Administrasi, Keuangan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pemanfaatan pasar Desa Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam kepada sejumlah informan, dan dokumentasi yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penertiban terhadap pedagang/penjual di pasar Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara oleh petugas pengelola pasar belum  dilakukan secara  maksimal, hal ini terlihat dari jumlah petugas yang  tidak seimbang dengan jumlah pedagang yang menggelar dagangan. Pembinaan belum dapat dilakukan dengan baik, hal ini terlihat dari perilaku pedagangan yang tidak menempati tempat dagang yang telah disediakan. Pengawasan yang dilakukan oleh petugas pasar belum maksimal, hal ini terlihat dari semerautnya para pedagang dalam menjual barang dagang mereka.

Oleh sebab itu, disarankan perlu penambahan petugas pengelola pasar agar jumlahnya dapat mengimbangi jumlah pedagang sehingga penertiban, pembinaan dan pengawasan terhadap pedagang/penjual yang memanfaatkan sarana prasarana pasar Moluo menjadi optimal dilakukan.

 Kata Kunci: Pertanggungjawaban, Administrasi, Keuangan

Published
2020-01-10