KETERLIBATAN PEMUDA DALAM KEGIATAN KEMASYARAKATAN DI DESA BINA JAYA KECAMATAN TOLANGOHULA KABUPATEN GORONTALO

  • Nolfi S. Tueno STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Fitriyanti Yahya STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kepedulian, Kerjasama, Koordinasi

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keterlibatan remaja dalam kegiatan masyarakat di Desa Bina Jaya Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan sejumlah informan, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian terdiri dari kepedulian, kerja sama, dan koordinasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan pemuda dalam kegiatan masyarakat tidak menunjukkan hasil yang baik. Hasil wawancara dengan informan menunjukkan bahwa perhatian pemuda dalam kegiatan masyarakat masih sangat kurang. Pemuda tidak terlibat langsung dalam kegiatan di desa. Ini bisa dilihat dari pemuda yang tidak berpartisipasi dan berperan dalam kegiatan yang diadakan di desa. Kerja sama dan koordinasi antara pemuda dan pemerintah desa dan masyarakat belum berjalan dengan baik. Karena banyak anak muda tidak dilibatkan dalam kegiatan yang diadakan di desa dan juga pemerintah desa juga kurang koordinasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan.

Disarankan untuk meningkatkan kesadaran pemuda dan juga untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara aparat desa dan masyarakat, terutama pemuda dalam kegiatan masyarakat di Desa Bina Jaya.

 Kata Kunci: Kepedulian, Kerjasama, Koordinasi

Published
2020-01-09