TRANSPARANSI PEMANFAATAN DANA BANTUAN OLEH BADAN TA’MIRUL MASJID ASSHABIRIN DI DESA ILOHUUWA KECAMATAN BONE KABUPATEN BONE BOLANGO

Keywords: Tansparansi, Pemanfaatan, Dana Bantuan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang Transparansi Pemanfaatan Dana Bantuan Oleh Badan Ta’mirul Masjid Asshabirin di Desa Ilohuuwa Kecamatan Bone Kabupaten Bonebolango. Jenis dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan sejumlah infroman, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian terdiri dari Keterbukaan Informasi, Pengawasan, dan Evaluasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keterbukaan informasi belum ada sebab tidak seluruh bantuan dana pembangunan dipegang oleh Badan Ta’mirul Masjid sehingga Badan Ta’mirul tidak punya rekapan lengkap mengenai penggunaan dana bantuan. Pengawasan belum melibatkan masyarakat setempat sementara pihak pemerintah desa tidak melakukan pengawasan secara terus menerus sehingga adanya penggunaan bantuan pembangunan yang tidak terkait dengan kegiatan pembangunan. Evaluasi tidak pernah dilakukan oleh Badan Ta’mirul Masjid sehingga tidak ada penilaian mengenai keefektifan dan efisiensi dana bantuan pembangunan untuk dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan serta untuk melihat berbagai masalah yang dihadapi selama melakukan kegiatan pembangunan Masjid Asshabirin.

Kata Kunci: Tansparansi, Pemanfaatan, Dana Bantuan

Published
2020-01-09