INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI E-GOVERNMENT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.338Keywords:
Inovasi, Pelayanan Publik, E-GovernmentAbstract
Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan tentang inovasi pelayanan publik melalui e-government di Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dilakukan melalaui teknik kredibilitas dan tranferabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik interaktif Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa inovasi pelayanan dokumen kependudukan melalui e-governement di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo berupa pelayanan administrasi kependudukan terintegrasi dan pelayanan daring telah dilaksanakan namun belum optimal. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menggunakan aplikasi pelayanan berbasis elektronik.