PEMBINAAN KELOMPOK TANI OLEH PENYULUH PERTANIAN DI DESA BULALO KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Irlan Karim STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Jusrin Kadir STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Penyuluhan, Pelatihan, Pendampingan.

Abstract

A B S T R A K

Jenis penelitian yang digunakan dalam adalah jenis penelitian deskripsi dengan menggunakan sumber data yaitu observasi dan wawancara mendalam kepada sejumlah informan dan melakukan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Adapun fokus penelitian adalah penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan.

Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari segi penyuluhan, bahwa penyuluh pertanian kepada kelompok pertanian belum berjalan dengan baik dimana sering informasi tidak sampai kepada seluruh anggota kelompok tani tentang pembinaan yang akan dilakukan. Ditinjau dari pelatihan, bahwa pelatihan yang diberikan oleh penyuluh pertanian kepada kelompok tani belum efektif, dikarenakan tidak semua anggota kelompok tani mengikuti pelatihan dilakukan oleh penyuluh pertanian. Ditinjau dari segi pendampingan yang diberikan oleh penyuluh pertanian kepada kelompok tani belum efektif karena jumlah kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut 9 kelompok sedangkan yang melakukan pendampingan hanya 1 orang.

Berdasarkan hasil simpulan tersebut, maka disarankan bahwa perlunya pihak penyuluh pertanian lebih meningkatkan penyuluhan terhadap kelompok tani agar tercapai sesuai harapan. Di harapkan penyuluh pertanian lebih meningkatkan pemberian pelatihan kepada kelompok tani bukan hanya sekali pelatihan harus di lakukan agar anggota petani lebih memahami apa yang di sampaiakan oleh penyuluh pertanian. Sedangkan pendampingan yang dimaksud yaitu pendampingan aggota kelompok terhadap penyuluh pertanian lebih di tingkatkan lagi.

 Kata Kunci: Penyuluhan; Pelatihan; Pendampingan.

Published
2020-01-07