PENGARUH FASILITAS, HARGA DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE GACOAN DI SOLO RAYA

Authors

  • Galih Ayu Prasasti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta
  • Putri Maisara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.327

Keywords:

Cita Rasa, Fasilitas, Harga

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas, harga dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen mie gacoan di Solo Raya. Sampel penelitian ini menggunakan 100 responden dengan teknik pengambilan nonprobability sampling yang berarti memberikan kesempatan atau peluang yang tidak sama bagi setiap anggota populasi atau setiap unsur untuk dipilih sebagai sampel. Data diproses menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel fasilitas (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) hal ini dapat dilihat dengan path coefficients bernilai 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,366 > ttabel 1,985. Variabel harga (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) bernilai 0,946 < 0,05 dan nilai thitung – 0,068 < ttabel 1,985. Variabel Cita Rasa (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen (Y) bernilai 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,480 > ttabel 1,985. Berdasarkan tabel hasil uji F, nilai Fhitung sebesar 191,425 dengan tingkat signifikan dari hasil uji F sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan fasilitas dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen rumah makan mie gacoan di Solo Raya tetapi harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen rumah makan mie gacoan di Solo Raya.

Downloads

Published

2022-05-26