MENGUNGKAP BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL

Authors

  • M Saiful Bahri Universitas Panca Marga Probolinggo, Indonesia
  • Tumini Tumini Universitas Panca Marga Probolinggo, Indonesia
  • Reni Puspita Sela Universitas Panca Marga Probolinggo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.324

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada UD. Kharisma di Kabupaten Probolinggo, yang ber tujuan untuk mengetahui atau mengungkap bagaimana pengaruh dari kualitas produk  dan harga, serta  promosi pada keputusan membeli suatu produk. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana data dikumpulkan dengan cara  penyebaran kuesioner untuk  40 orang responden, dengan pendekatan teknik purposive sampling. Analisa data meliputi uji atau tes terhadap kevaliditasan, reliabilitas, linieritas, uji kenormalan data, multikolenieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan untuk dapat mengungkap faktor yang berpengaruh pada keputusan untuk membeli dilakukan uji parsial ,simultan (Uji t dan F) serta membandingkan standardized Coeffcient Beta untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan. Dari hasil pengujian semua instrumen data menunjukkan dalam kondisi valid dan reliabel serta memenuhi uji-uji instrumen yang lain. Hasil pengujian  mengungkap tentang produk berkualitas, penetapan harga, dan kegiatan promosi pengaruhnya signifikan kepada keputusan untuk membeli, secara bersama ataupun sendiri-sendiri. Sekaligus diketahui bahwa harga yang mempunyai pengaruh paling besar   kepada  keputusan untuk pembelian.

Downloads

Published

2022-05-26