MENGUNGKAP BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL
DOI:
https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.324Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilakukan pada UD. Kharisma di Kabupaten Probolinggo, yang ber tujuan untuk mengetahui atau mengungkap bagaimana pengaruh dari kualitas produk dan harga, serta promosi pada keputusan membeli suatu produk. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner untuk 40 orang responden, dengan pendekatan teknik purposive sampling. Analisa data meliputi uji atau tes terhadap kevaliditasan, reliabilitas, linieritas, uji kenormalan data, multikolenieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, dan untuk dapat mengungkap faktor yang berpengaruh pada keputusan untuk membeli dilakukan uji parsial ,simultan (Uji t dan F) serta membandingkan standardized Coeffcient Beta untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan. Dari hasil pengujian semua instrumen data menunjukkan dalam kondisi valid dan reliabel serta memenuhi uji-uji instrumen yang lain. Hasil pengujian mengungkap tentang produk berkualitas, penetapan harga, dan kegiatan promosi pengaruhnya signifikan kepada keputusan untuk membeli, secara bersama ataupun sendiri-sendiri. Sekaligus diketahui bahwa harga yang mempunyai pengaruh paling besar kepada keputusan untuk pembelian.