KOORDINASI VERTIKAL CAMAT DALAM PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGI DI KECAMATAN BULANGO SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

  • Olan Harun STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Lisda Van Gobel STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Koordinasi, Pelaksanaan, Tugas

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui koordinasi vertikal Camat dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan, observasi dan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, komunikasi camat dengan unit yang dipimpinnya belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari pola komunikasi camat yang cenderung bersifat satu arah dan memberikan dampak kepada bawahan yang merasa tertekan dalam menerima pesan dari seorang camat yang pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas kerja organisasi. Pengarahan camat kepada unit yang dipimpinnya belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari bentuk pengarahan yang diberikan oleh camat kepada bawahannya yang cenderung kaku. Pembinaan camat kepada unit yang dipimpinnya belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari intensitas pembimbingan yang sangat jarang dilakukan kepada unit yang dipimpinnya. Selain itu, camat cenderung memberikan perintah tanpa pembimbingan sehingga masih sering terjadi kesalahan kerja.

Disarankan, perlunya seorang Camat Bulango Selatan merubah gaya komunikasi kepada unit kerja yang dipimpinnya dengan komunikasi yang bersifat dialogis. Perlunya seorang Camat Bulango Selatan untuk menggunakan pola pengarahan kepada unit kerja yang dipimpinnya yang lebih bersahabat. Perlunya seorang Camat Bulango Selatan untuk lebih intensif memberikan pembimbingan kepada unit kerja yang dipimpinnya guna mengeliminir kesalahan kerja.

Kata Kunci: Koordinasi; Pelaksanaan; Tugas

Published
2020-01-07