TINGKAT KUALITAS PELAYANAN E-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUWU WILAYAH WALENRANG LAMASI

Authors

  • Muhammad Ardiansyah Makmur Universitas Andi Jemma
  • Andi Agustang Universitas Negeri Makassar
  • Andi Muhammad Idkhan Universitas Negeri Makassar
  • Rifdan Rifdan Universitas Negeri Makassar
  • Sarfan Tabo Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.272

Keywords:

Tingkat Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan, Pelayanan e-KTP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kualitas pelayanan e-KTP yang akan menjadi pemohon dalam  pembuatan e-KTP di Daerah Walenrang Lamasi karena jarak Kecamatan Walenrang Lamasi ke ibukota Kabupaten Luwu yaitu Kecamatan Belopa berjarak 73 km dan terpisah oleh Kota Palopo hal ini menjadi kesenjangan bagaimana kualitas pelayanan permohonan e-KTP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian bertempat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wilayah Walenrang Lamasi yang tepatnya berada di Desa Lalong Kecamatan Walenrang. Fokus penelitian ini adalah kualitas pelayanan e-KTP yang akan menjadi tolok ukur kepuasan masyarakat dalam pelayanan tersebut. Dalam penelitian ini, populasi penelitian adalah masyarakat yang menjadi pemohon dalam pelayanan e-KTP dengan penentuan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif rata-rata persentase. Hasil penelitian dengan menggunakan teori kualitas pelayanan dengan indikator keandalan, daya tanggap, jaminan bukti langsung dan empati menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wilayah Walenrang Lamasi adalah rata-ratanya sebesar 4,00 dengan persentasenya sebesar 79,97% yang masuk ke dalam kriteria puas.

Downloads

Published

2022-02-26