PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Arina Robbyatul Maulida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Haris Hermawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ahmad Izzuddin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.260

Keywords:

Viral Marketing, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun parsial dari viral marketing dan brandawareness terhadap keputusan pembelian pada Bumdes. Pengumpulan data dilakukan menggunakan simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 responden konsumen Bumdes.  Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Perkembangan internet yang semakin luas membuat pelaku bisnis saat ini memilih strategi pemasaran dengan memanfaatkan internet untuk berkomunikasi, memberikan informasi, dan mempromosikan bisnisnya kepada konsumen. Perusahaan harus memahami bagaimana proses dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. Sebaiknya pihak manajemen harus memperhatikan variabel-variabel yang berpengaruh agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan berkembang terus menerus serta dapat meningkatkan keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel viral marketing, dan brandawareness memiliki pengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian, baik secara simultan dan parsial pada produk Keripik Pepaya Amartha

Downloads

Published

2022-02-26