ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI BISNIS TRAVEL AGENT DI MASA PANDEMI COVID 19

  • Sulasmi Sulasmi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo
  • Sofyan Alhadar Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Olgha S. Nusu Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Ical Ical Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Iin Laky Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Rahman Amir Universitas Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Manajemen Strategi, Bisnis Travel, SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi bisnis travel  agent di masa pandemi covid 19. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian yakni manajemen strategi bisnis travel dan strategi alternatif bisnis travel di masa pandemi Covid 19. . Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, Analisis data model interaktif dari Miles dan Hubermen, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyerderhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Bisnis travel, baik untuk perjalanan bisnis, wisata, umum, haji dan umroh saat ini menjadi salah sektor yang paling terasa dampaknya yang diakibatkan oleh pandemic covid-19. Dengan adanya kebijakan PPKM, penutupan akses keluar masuk wilayah baik lewat udara dan darat serta laut membuat bisnis travel mendapat pukulan hebat. 85% usaha atau bisnis travel agent di kota Gorontalo tutup karena tidak mampu membiayai operasional perusahaan.

Strategi jangka pendek merupakan mitigasi terhadap krisis yang dilakukan untuk menghadapi kondisi pelaku usaha travel agent dalam waktu yang cepat sehingga dapat membenahi urusan internal perusahaan. Strategi jangka menengah adalah kesiapsiagaan dan respon terhadap krisis, yang dilakukan dalam upaya menghidupkan kembali bisnis pelaku usaha travel agent. Sedangkan strategi jangka panjang merupakan upaya yang dilakukan dalam tahap pemulihan pasca pandemi covid 19.

Kata Kunci : Manajemen Strategi; Bisnis Travel, SWOT

Published
2021-12-27