STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BOHUSAMI PADA PT. BANK SULUTGO CABANG GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.37606/publik.v6i1.24Keywords:
Strategi Pemasaran, Produk TabunganAbstract
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui Strategi pemasaran produk tabungan Bohusami di Bank PT. Bank SulutGo cabang Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara menggunakan pedoman wawancara yang di ajukan kepada sejumlah informan. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threat).
Hasil penelitian berdasarkan fokus penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa: Strategi pemasaran yang dilakukan oleh bank SulutGo cabang Gorontalo untuk memasarkan produk tabungan Bohusami belum sepenuhnya efektif dijalankan dan belum dilakukan secara optimal dan terukur dalam meningkatkan jumlah nasabah. Kualitas sumber daya manusia yang dimiliki masih kurang pada bagian marketing dan belum paham tentang strategi-strategi marketing yang baik untuk produk tabungan Bohusami. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh bank sulutGo dalam memfasilitasi kegiatan pemasaran belum memadai sehingga kegiatan pemasaran belum optimal dilakukan. Persaingan Produk tabungan yang sejenis sehingga menimbulkan kecenderungan penurunan market share tabungan. Promo-promo yang dilakukan oleh bank sulutGo untuk produk tabungan Bohusami kurang kreatif dan kurang meningkatkan minat masyarakat untuk menabung.
Disarankan kepada bank SulutGo cabang Gorontalo Meningkatkan SDM pemasaran, meningkatkan fasilitas penunjang kegiatan pemasaran, menambah fitur-fitur menarik produk tabungan Bohusami. Meningkatkan kreatifitas kegiatan promosi yang sudah dilakukan agar produk lebih dapat bersaing dengan produk kompetitor.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan