PENINGKATAN MUTU LAYANAN MELALUI IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Authors

  • Ahmad Yani Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung
  • Rezki Agrisa Ditama Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Muhammad Munawir Pohan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v8i2.236

Keywords:

Mutu, Layanan, Manajemen Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan mutu layanan melalui implementasi manajemen sumber daya manusia yang dilaksanakan di Kafe Gao Coffe Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kasir, juru masak, pramusaji, dan pengunjung. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,  dan dokumentasi.  Prosedur penelitian meliputi:  pemilihan tema,  pembacaan literatur,  perumusan fokus dan masalah penelitian,  pengumpulan data,  penyempurnaan data,  pengolahan data,  analisis data,  dialog teoritik,  triangulasi temuan,  dan  simpulan hasil peneliti. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, serta konfirmabilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi serta membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan di Kafe Gao Coffe sudah baik, tetapi ada perlu beberapa perbaikan seperti: komunikasi antara pramusaji dengan pengunjung, ketersedian bahan baku untuk menu makanan dan minuman masih kurang lengkap, dan jam operasional kafe tutup sebelum waktunya.

Downloads

Published

2021-12-27