PENGEMBANGAN KAPASITAS APARATUR SIPIL NEGARA DI BADAN KEPEGAWAIAN PENDIDIKAN PELATIHAN KABUPATEN GORONTALO UTARA

  • Nurhayati Van Gobel STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Sofyan Alhadar STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pengembangan, Kapasitas, ASN

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan kapasitas aparatur sipil negara di Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari data primer yaitu wawancara, dan data sekunder dari buku dan jurnal. Fokus penelitian adalah pendidikan dan pelatihan, peran pimpinan, dan kompetensi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar aparatur belum mengikuti pendidikan dan pelatihan; peran pimpinan belum maksimal dalam mendorong dan memotivasi para aparaturnya, oleh karena belum mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidang ilmu serta penugasan sehingga kompetensi aparatur masih rendah.

Untuk itu disarankan agar aparatur meningkatkan kapasitas dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai dengan bidang ilmunya; agar pimpinan senantiasa mendorong dan memotivasi aparatur untuk terus mengembangkan kapasitas bawahnnya, agar kompetensi menjadi lebih baik maka sudah selayaknya aparatur tidak berhenti mengembangkan kapasitasnya. 

 Kata Kunci: Pengembangan; Kapasitas; ASN

Published
2020-01-03