PROSES PELAYANAN PENGURUSAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KABUPATE BONE BOLANGO

  • Nurman Utina STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Lisda Van Gobel STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat, Bone Bolango

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Samsat Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Pengumpulan data dari data primer yaitu wawancara dari sampel, dan data sekunder dari buku dan jurnal.

Menurut analisis data, prosedur dan proses manajemen pajak tidak berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sebab, masih ada kendala dalam proses verifikasi file yang menyebabkan keterlambatan dalam proses pembayaran. Proses penyelesaian masalah di kantor samsat memiliki kinerja yang sangat baik, tetapi menurut beberapa pembayar pajak tidak begitu baik. Pemerasan yang sesuai dengan kantor samsat dan pengawasan yang lebih besar harus diberikan kepada semua staf untuk memberikan contoh tata kelola

Pemerintah, dalam hal ini Samsat Bone bolango perlu mengeluarkan kebijakan dalam prosedur pembayaran pajak, untuk memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan pembayaran pajak. Ingat pajak adalah negara terbesar di bidang pembangunan. Menimbang bahwa masih banyak wajib pajak yang sadar akan kewajibannya membayar pajak. Staf di Samsat harus lebih responsif dalam melayani masyarakat, terutama dalam memberikan solusi untuk mengatasi masalah. Tagihan pajak perlu dijelaskan secara rinci untuk menciptakan tata kelola yang baik dan bersih.

Kata Kunci: Pajak Kendaraan Bermotor; Samsat; Bone Bolango

Published
2020-01-03