ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI ERA COVID-19

Authors

  • Naufal Raid Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LPPN Padang
  • Nasrizal Nasrizal Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LPPN Padang
  • F. Yasmeardi Yasmeardi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LPPN Padang

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v8i2.209

Keywords:

IKM, Covid-19, Pelayanan Publik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pada Era Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan cara melakukan survei kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan publik dengan melihat Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM). Tempat penelitian yaitu di Sumatera Barat dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat menggunakan aplikasi google form kepada 110 responden. Data di analisis dengan menggunakan indek kepuasan masyarakat (IKM) yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Dalam penghitungan IKM terhadap 14 unsur pelayanan yang dikaji, setiap unsur pelayanan memiliki penimbang yang sama. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Indeks Kepuasan Masyarakat Kantor Pelayanan Publik Provinsi Sumatera Barat pada era Covid 19 sesuai dengan ketentuan kepmenpan Nomor 25 Tahun 2004 per indikator pelayanan berada pada kategori baik, hal ini berdasarkan hasil Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yaitu 66,95 dengan kategori Baik. Kepada para penyelenggara pelayanan publik, untuk kedepannya bisa beradaptasi dengan keterbatasan kegiatan di era Covid-19.

Downloads

Published

2021-12-27