KEMAMPUAN PEGAWAI DALAM PENGINPUTAN DATA E-KTP DI KANTOR CAMAT TIBAWA KABUPATEN GORONTALO

Keywords: Kemampuan, Penginputan Data, E-KTP

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Pegawai dalam Penginputan Data E-KTP di Kantor Camat Tibawa Kabupaten Gorontalo. Dengan fokus penelitian yaitu kecakapan, keterampilan, pengalaman, dan kesungguhan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat baik dari aspek kecakapan, keterampilan, pengalaman maupun aspek kesungguhan masih rendah atau belum menunjang kemampuan pegawai dalam penginputan data E-KTP.

Adapun hal-hal yang disarankan dalam penelitian ini yakni perlunya pegawai meningkatkan kecakapannya dalam melaksanakan tugasnya, agar  pelayanan penginputan data E-KTP yang dilakukan oleh pegawai lebih efektif dilaksanakan. Perlunya pegawai dapat meningkatkan keterampilan melalui pelatihan-pelatihan dan lokakarya yang diikutinya, agar-tugas-tugas organisasi agar pelayanan penginputan data E-KTP lebih optimal. Perlunya pegawai dapat meningkatkan pengalamaannya, dengan mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan data atau penginputan data E-KTP, agar tugas yang diembannya lebih maksimal dilakukan. Diharapkan kepada Pemerintah Kecamatan untuk dapat memperhatikan hal-hal yang mendukung terselenggaranya pelayanan penginputan data E-KTP yang berkualitas, terutama yang berhubungan dengan kemampuan yang dimiliki oleh pegawai agar tidak terjadi pandangan negatif dari masyarakat terhadap pelayanan penginputan data E-KTP yang dilakukan oleh pegawai.

 Kata Kunci: Kemampuan; Penginputan Data; E-KTP

Published
2020-01-03