KINERJA PELAYANAN PENERBITAN IZIN USAHA MIKRO DAN KECIL (IUMK) DI KANTOR KECAMATAN JEKAN RAYA KOTA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37606/publik.v8i2.198Keywords:
Kinerja Pelayanan, Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), KecamatanAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu Kinerja Pelayanan penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) DI Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Pelayanan Penerbitan IUMK DI Kantor Kecamatan Jekan Raya. Dengan penelitian Deskriptif dan metode Kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena-fenomena yang ada. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer diolah dari hasil pengamatan dan wawancara mendalam dengan aparatur/pegawai Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Sedangkan, Data Sekunder diperoleh dari Kantor Kecamatan Jekana Raya Kota Palangka Raya tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Pelayanan Penerbitan Izin Usaha Mikro DanĀ Kecil (Iumk) Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya sudah cukup optimal/baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator Produktivitas, Responsivitas dan Akuntabilitas. Penelitian ini juga menunjukan bahwa faktor-faktor internal dan eksternal mempengaruhi Kinerja Pelayanan Penerbitan IUMK Di Kantor Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.