KEMAMPUAN PETUGAS PENGELOLA DALAM PEMANFAATAN TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) DI KELURAHAN TENDA KECAMATAN HULONTHALANGI KOTA GORONTALO

  • Fauziah Rauf STIA Bina Taruna Gorontalo
  • Ellys Rachman STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Kemampuan, Pengelola, Tempat Pelelangan Ikan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kemampuan Petugas Pengelola dalam Pemanfaatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  di Kelurahan Tenda Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jenis penelitian yaitu deskriptif pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara  dengan sejumlah infroman, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian terdiri dari Pengetahuan, koordinasi dan tanggung jawab.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dilihat dari dimensi pengetahuan belum menunjang; dilihat dari aspek koordinasi belum optimal dilakukan; dilihat dari aspek tanggung jawab masih kurang mendukung. Sehingga disarnkan perlunya pimpinan dan staf TPI untuk dapat meningkatkan pengetahuan melalui pendidikan formal dan non formal, agar memiliki wawasan dan kemampuan dalam melaksanakan tugas yang di embannya. Perlunya pimpinan dan staf TPI dalam melakukan pengelolaan dan pemanfaatan TPI untuk melakukan koordinasi dan singronisasi secara intensif kepada instansi terkait dan masyarakat, agar terwujud kerjasama yang harmonis dalam mengembangan TPI ke depan yang lebih cerah dan sesuai harapan. Perlunya pimpinan dan staf TPI memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam pelaksanaan tugas, agar rencana yang telah ditetapkan dapat terwujud dengan baik.

 Kata Kunci: Kemampuan; Pengelola; Tempat Pelelangan Ikan

Published
2020-01-03