PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA INDUSTRI KREATIF SABLON ( ZEE SCREENPRINTING) KARANGANYAR DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Sri Wijiastuti
  • Zandra Dwanita Widodo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Kurniawati Darmaningrum
Keywords: Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Industri Kreatif Sablon, Pandemi COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknis pengelolaan sumber daya manusia dari proses rekruitmen karyawan, pengembangan dan kompensasi  pada masa pandemi COVID-19, sehingga dapat menjadi keunggulan yang kompetitif bagi industri kreatif sablon ZEE Screenprinting Karanganyar.

Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh karyawan industri kreatif sablon Zee Screenprinting Karanganyar dan sampel dari penelitian ini adalah pemilik usaha dan karyawan industri kreatif sablon Zee Screenprinting Karanganyar. Pendekatan kulatitatif digunakan dalam penelitian ini, dimana pendekatan kualitatif mencoba menelaah lebih lanjut fenomena dalam setting dan konteks yang natural. Dalam penelitian kualitatif, peneliti berusaha menggali dan memahami pemaknaan dan persepsi lebih mendalam akan keberadaan yang berbeda-beda oleh orang yang berbeda.

Penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan sumber daya manusia pada usaha industri kreatif  sablon selama masa pandemi COVID-19 masih dilakukan secara informal, rekruitmen karyawan tidak cukup dengan hanya keahlian saja tetapi harus diiringi dengan memiliki kepribadian yang baik,pengembangan melalui pelatihan karyawan tidak dilakukan secara berkesinambungan, pemberian kompensasi tidak dilakukan secara berkala.Sedangkan pemberian motivasi dari luar pribadi karyawan yang ada, sudah cukup baik.

Kata kunci:  Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Industri Kreatif Sablon , Pandemi COVID-19

Published
2021-07-17