PENGARUH PEMBERDAYAAN, LAMA MENGELOLA DAN PENDAPATAN TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

  • Suci Nur Indah Sari Suci Nur Indah Sari
Keywords: Pemberdayaan, Lama Mengelola, Pendapatan, Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pemberdayaan, pendapatan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya pengusaha (pelaku UMKM) di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.

Penelitian ini menggunakan data yang diambil dalam bentuk Data Primer yang diperoleh melalui kuesioner sebanyak 150 responden, dengan sampel para pengusaha (pelaku UMKM) di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Aksidental Sampeling, berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan penulis dapat digunakan sebagai sampel. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Inferensial (Analisis Regresi Berganda), Koefisien Determinasi (R2), dan Uji T.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen, yakni Pemberdayaan, Pendapatan, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kesejahteraan Masyarakat yang ada di Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Published
2021-07-17