KINERJA PETUGAS KEBERSIHAN DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN GORONTALO UTARA

Keywords: Kinerja, Petugas, Kebersihan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah, kualitas kerja, kuantitas kerja, dan ketepatan waktu kerja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan, observasi dan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, kualitas kerja petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara belum optimal. Hal ini terlihat dari masih banyaknya sampah yang berserakan diarea kerja kantor khususnya pada jam kerja kantor. Kuantitas kerja petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara belum optimal. Hal ini terlihat dari sedikitnya area kantor yang dibersihkan oleh petugas kebersihan dan ketidaksiagaan petugas kebersihan pada jam kerja dari pagi hingga jam pulang kantor. Ketepatan waktu kerja petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara belum optimal. Hal ini terlihat dari penggunaan jam kerja yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dimana para petugas kebersihan hanya bekerja pada waktu pagi saja dan pulang jauh lebih awal dari jam kerja yang seharusnya.

Disarankan, perlunya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara meningkatkan kualitas kerja petugas kebersihan dengan meningkatkan ketermpilan dan pengetahuan petugas. Perlunya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara meningkatkan kuantitas kerja petugas kebersihan khususnya dalam luas area yang dibersihkan agar lebih menyeluruh di lingkungan Kantor Bupati Gorontalo Utara. Perlunya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara meningkatkan ketepatan waktu kerja petugas kebersihan yang disesuaikan dengan jam kerja pegwai lainnya sesuai dengan porsinya.

Kata Kunci: Kinerja; Petugas; Kebersihan

Published
2019-12-28