KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN PUBLIK PADA UNIT KERJA BADAN LAYANAN UMUM (BLU) BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Arif Kurniawan Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Dani Sugiri Politeknik Keuangan Negara STAN

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v8i1.144

Keywords:

indeks kepuasan masyarakat, layanan, badan layanan umum

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai indikator kinerja pelayanan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) sebagai unit kerja BLU Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif berdasarkan instrumen IKM yang diatur dalam Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017. Penelitian menggunakan data sampel sebanyak 353 mahasiswa yang diambil dari populasi 3.012 mahasiswa FIS UNY. Satuan kerja pemerintah dapat menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IKM FIS UNY dalam kategori baik. Aspek persyaratan; waktu penyelesaian layanan; biaya atau tarif; spesifikasi produk dan jenis layanan; serta sarana prasarana dalam kategori baik. Sedangkan aspek sistem mekanisme dan prosedur; kompetensi pelaksana; perilaku pelaksana; serta penanganan pengaduan saran dan masukan masih dalam kategori kurang baik. Responden memberikan saran agar dilakukan perbaikan terutama untuk aspek-aspek yang masih kategori kurang baik.

Downloads

Published

2021-07-17