ANALISIS IMPLEMENTASI PELAYANAN PDAM UNIT BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.37606/publik.v7i2.136

Keywords:

Implementasi, Pelayanan Publik, PDAM Unit Boliyohuto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Unit Boliyohuto Kabupaten Gorontalo serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan publik Perusahaan Daerah Air Minum Unit Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus masalah meliputi implementasi tentang pelayanan publik PDAM Unit Boliyohuto Kabupaten Gorontalo yaitu: (1). Komunikasi, (2). Sumber daya, (3). Disposisi, (4). Struktur birokrasi. Metode adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Unit Boliyohuto Kabupaten Gorontalo, belum maksimal. Sumberdaya manusia masih kurang menjadi kendala dalam pelayanan, fasilitas pendukung pelayanan yang belum memadai, serta pelayanan yang diberikan pegawai masih sangat lambat dikarenakan kurangnya jumlah pegawai dalam melayani, serta beberapa faktor pendukung dalam pelayanan PDAM Unit Boliyohuto Kabupaten Gorontalo antara lain adalah sumber air yang masih melebihi kapasitas, kekompakan staf menjadikan kekuatan dalam menyelesaikan permasalahan mengenai pelayanan. Sedangkan faktor penghambat antara lain adalah kurangnya fasilitas dan jumlah pegawai yang ada sehingga menyebabkan lambat dalam melayanani serta jarak tempuh instalansi yang medannya sulit dilalui, dan beberapa pelanggan yang masih membayar door to door karena belum memadai mengenai jaringan.

 Kata Kunci: Implementasi, Pelayanan Publik, PDAM Unit Boliyohuto

 

Downloads

Published

2021-01-07