PENGARUH KOMUNIKASI CAMAT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA APARAT DI KANTOR CAMAT MOUTONG KABUPATEN PARIGI MOUTONG

  • Sofyan Alhadar STIA Bina Taruna
Keywords: Komunikasi; Kinerja; Aparat

Abstract

Pelaksanaa penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah yakni seberapa besar Pengaruh Komunikasi Camat terhadap Peningkatan Kinerja Aparat Di Kantor Camat Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Berdasarkan rumusan masalah, maka manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi Aparat di Kantor Camat Moutong Kabupaten Parigi Moutong dalam rangka Peningkatan kinerja Aparat. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel Komunikasi Camat (X) dan Peningkatan Kinerja Aparat (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Dokumentasi, Kuesioner/angket.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa komunikasi camat berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja aparat di Kantor Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong dengan besar pengaruh yakni 72,1%. Maka dari koefisien positif menunjukan bahwa semakin baik komunikasi camat memberikan dampak yang baik dalam peningkatan kinerja aparat. Dengan kata lain semakin efektif tingkat komunikasi camat yang diterapkan dalam kepemimpinannya maka akan terjadi peningkatan kinerja aparat yang dikarenakan komunikasi camat yang baik membuat kondisi dan keadaan lingkungan kerja dalam suatu instansi akan semakin kondusif sehinggga aparat di Kantor Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong akan bekerja dengan optimal yang akhirnya mampu mencapai visi, misi dan tujuan kantor Kecamatan.

Maka dari itu dalam upaya untuk meningkatkan kinerja sebaiknya pimpinan terus membeirkan arahan kepada pegawai atau aparat di Kantor Kecamatan terutama disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, disamping itu perlu adanya instruksi yang jelas dan sanksi yang tegas kepada pegawai agar hasil pekerjaanya berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Komunikasi; Kinerja; Aparat

Published
2020-06-29