REFUNGSIONALISASI KANTOR DESA DALAM PELAYANAN DI DESA KOMBUTOKAN KECAMATAN TOTIKUM KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN

  • Maryam D. Poma STIA Bina Taruna
Keywords: Refungsionalisasi; Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Refungsionalisasi kantor desa dalam pelayanan di Desa Kombutokan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan sejumlah informan, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian terdiri dari Keberadaan, Koordinasi, Kerjasama, dan Fasilitas.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Refungsionalisasi Kantor Desa Dalam Pelayanan di Desa Kombutokan Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan dilihat dari Keberadaan, Koordinasi, Kerjasama, dan Fasilitas belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh Keberadaan kepala desa di kantor desa masih kurang, karena jarang hadir di kantor desa untuk memberikan pelayanan dan melakukan kegiatan-kegiatan di kantor desa serta memberikan arahan kepada aparat desa tentang pelayanan, belum terjalin koordinasi yang baik antara kepala desa dengan aparat desa, karena kepala desa maupun aparat desa sering tidak hadir di kantor, kerjasama antara kepala desa dengan aparat desa dalam memfungsikan kantor desa dalam memberikan pelayanan belum berjalan dengan baik, hal ini dikarenakan bahwa baik kepala desa maupun aparat desa memilki kesibukan masing-masing, dan fasilitas yang ada di kantor desa masih sangat kurang tidak mendukung kinerja aparat desa dalam memberikan pelayanan.

Disarankan seharusnya pemerintah Desa Kombutokan memfungsikan kantor desa dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar dapat memenuhi kepuasan masayarakat dalam hal pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa.

Kata Kunci: Refungsionalisasi; Pelayanan

Published
2020-06-29