FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENATAAN AREA PARKIR DI PELABUHAN FERI TOJO UNA-UNA

  • Mohammad Abubakar Talalu STIA Bina Taruna
Keywords: Penataan; Area Parkir; Pelabuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat penataan area parkir di Pelabuhan Feri Tojo Una-Una. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada sejumlah informan, observasi dan pencatatan data sekunder yang berkaitan dengan permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, sarana dan prasarana area parkir di Pelabuhan Penyeberangan Uebone Tojo Una-Una belum memadai. Hal ini tampak dari tidak adanya petunjuk parkir yang bisa mengarahkan para pengendara untuk memarkirkan kendaraan secara baik dan rapi serta tidak ada area parkir khusus mobil dan motor, sehingga masih bercampur pada area yang sama baik untuk kendaraan roda empat, roda dua, hingga roda tiga (bentor). Tidak tampak petugas khusus parkir di Pelabuhan Penyeberangan Uebone T

 

ojo Una-Una. Hal ini tampak dari kondisi area parkir yang semraut dikarenakan pemilik kendaraan memarkirkan kendaraannya semaunya saja. Pengawasan area parkir di Pelabuhan Penyeberangan Uebone Tojo Una-Una belum optimal. Hal ini dikarenakan tidak adanya pengawasan langsung yang dilakukan oleh Kepala Kantor dan sebaliknya Kepala Kantor melakukan pembiaran terhadap kondisi parkir yang semraut. Disarankan, perlunya upaya dari pihak pelabuhan untuk menyediakan sarana dan prasarana parkir mulai dari area khusus hingga perangkat parkir seperti pentunjuk parkir dan garis parkir. Diharapkan upaya dari pihak pelabuhan untuk menyediakan petugas khusus parkir demi ketertiban parkir kendaraan pengunjung. Diharapkan upaya dari pihak pelabuhan untuk melakukan pengawasan langsung terhadap kondisi di lapangan dalam hal ini pada area parkir kendaraan pengunjung.

                    

Kata Kunci: Penataan; Area Parkir; Pelabuhan

Published
2020-06-29