PEMBERIAN INSENTIF DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI ADMINISTRASI DI SMP NEGERI 2 MANANGGU

  • Norma Lidya Wemben STIA Bina Taruna
Keywords: Pemberian; Insentif; Peningkatan; Kinerja

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang Pemberian Insentif dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Administrasi Di SMP Negeri 2 Mananggu dengan menggunakan fokus pada Jumlah Insentif, Ketepatan Waktu dan keadilan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.

Berdasarkan Hasil penelitian Ditinjau dari segi Jumlah Insentif yang diberikan kepada pegawai administrasi di SMP Negeri 2 Mananggu Kecamatan Mananngu Kabupaten Boalemo masih sangat minim, dimana di lihat dari jumlah tidak ada peningkatan dari tahun ke tahun hanya berkisar sebesar Rp.300.000/bulan, sedangkan kebutuhan pegawai administrasi dalam memenuhi kebutuhan sehari hari saja tidak cukup sehingga sering mengakibatkan sebagian pegawai administrasi tidak termotivasi dalam melaksanakan tugasnya sehingga berdampak pada kinerjanya menurun. Ditinjau dari segi Ketepatan Waktu, ketepatan waktu dalam pemberian insentif di SMP Negeri 2 Mananggu belum sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan dan disepakati.. Ditinjau dari segi Keadilan, keadilan dalam pemberian insentif kepada sesama pegawai administrasi di SMP Negeri 2 Mananggu  belum diterapkan karena masih ada sebagian pegawai yang tetap diberikan meskipun jarang masuk dan terlambat memasukan laporan,diberlakukan sama dengan pegawai yang rajin,sehingga menimbulkan terjadi kesenjangan antara pegawai yang satu dengan yang lain.

Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti merekomendasikan bahwa Diharapkan Pimpinan mengevaluasi kembali jumlah insentif yang diberikan kepada pegawai administrasi disesuaikan dengan kebutuhan agar supaya kinerja pegawai akan meningkat anggaran direalisasikan agar pemanfaatannya sesuai ketentuan dalam juknis dan peruntukannya tepat. Perlunya Ketegasan dari pimpinan dan kepala tata usaha kepada pegawai yang sering terlabat dalam memasukan hasil laporannya agar supaya tidak berdampak pada keterlambatan pemberian insentif kepada pegawai yang lain. Perlunya perlakuan adil dari pimpinan kepada sesama pegawai administrasi agar pegawai yang sering terlambat mendapatkan efek jera.

 

Kata Kunci: Pemberian; Insentif; Peningkatan; Kinerja

Published
2020-06-29