SISTEM PENETAPAN PENERIMA BANTUAN RASKIN DI DESA BUTI KECAMATAN MANANGGU KABUPATEN BOALEMO

  • Tety Thalib STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Sistem, Penetapan, Bantuan, Raskin

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang sistem penentuan penerima Raskin di Desa Buti, Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sejumlah informan. Data dikumpulkan melalui observasi dan pencatatan juga data sekunder terkait masalah penelitian.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa penentuan penerima manfaat sistem Raskin, melalui proses yang dimulai dengan mengidentifikasi tahap-tahap pengumpulan data sebagai kegiatan masyarakat miskin sesuai dengan kondisi obyektif sesuai dengan kriteria kemiskinan, belum dilaksanakan prosedur sebagaimana seharusnya yaitu melalui proses tahapan penyaringan, sebagai prioritas. strategi langkah berdasarkan peringkat sangat buruk, buruk dan hampir miskin, tidak dilakukan dengan mengklarifikasi data yang telah diidentifikasi. Sistem penentuan penerima Raskin, pada gilirannya, tidak dilakukan secara transparan, karena melalui proses tahapan pengumpulan data, dan penyaringan sesuai dengan kondisi masyarakat miskin yang berhak menerima. Data menggunakan keluarga miskin berdasarkan data yang sebelumnya dianggap tidak valid. Ini dibuktikan dengan hadirnya keluarga miskin yang tidak ditunjuk sebagai penerima program Raskin. Sebagian besar bantuan program Raskin diterima oleh warga yang mampu membeli beras. Dalam arti, tujuan dari program ini tidak tepat karena pemerintah lebih menekankan pada administrasi yang tepat, yaitu pertanggungjawaban mengembalikan harga beras sesuai dengan jumlah yang didistribusikan ke desa Kabupaten Buti Mananggu.

disarankan perlunya pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas yang memadai untuk melakukan langkah-langkah pengumpulan data Pemerintah Desa, penyaringan dan penentuan keluarga miskin sesuai dengan kondisi kriteria obyektif.

 

Kata Kunci: Sistem, Penentuan, Bantuan, Raskin

Published
2020-02-01