PROSES PENGOLAHAN DATA PENERIMA DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI GORONTALO

  • Usan Bagou STIA Bina Taruna Gorontalo
Keywords: Pemrosesan, Data, Dana, BOS

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Pengolahan Data Penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap informan yang ditentukan. Untuk melengkapi data dilakukan observasi, wawancara dan pencatatan data sekunder.

Berdasarkan analisis, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pemrosesan data penerima sering ditemukan ketidaksesuaian antara data formulir yang diisi sekolah dengan jumlah siswa yang sebenarnya. Formulir pengisian data oleh sekolah sering tidak akurat karena pemindahan siswa yang tidak segera dilaporkan ke Tim Manajemen Kabupaten/Kota BOS. Namun seringkali juga kesalahan dalam distribusi BOS ke sekolah karena kesalahan input data oleh Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota karena data bervariasi dari sekolah.

Disarankan: Sekolah yang diharapkan mengisi formulir dengan benar dan data untuk Tim Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota lebih berhati-hati dalam memasukkan data. Tim Manajemen BOS mengadakan Workshop Pusat Pengumpulan Data yang mengundang Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk merekonsiliasi data jumlah siswa per sekolah. Atas dasar data ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat alokasi dana BOS masing-masing kabupaten / kota / provinsi. Alokasi dana BOS dilakukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan kepada Kementerian Keuangan untuk menetapkan alokasi anggaran untuk setiap provinsi dana BOS.

 

Kata Kunci: Pemrosesan, Data, Dana, BOS

Published
2020-02-01