PERILAKU PEGAWAI TATA USAHA DALAM PELAKSANAAN TUGAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 BOTUMOITO KECAMATAN BOTUMOITO KABUPATEN BOALEMO
DOI:
https://doi.org/10.37606/publik.v1i1.108Keywords:
Perilaku, Pelaksanaan, Tugas, Administrasi, SekolahAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang perilaku tenaga administrasi di sekolah menengah pertama (SMP) 1 Botumoito, Kabupaten Botumoito, Kabupaten Boalemo. Jenis metode penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan sejumlah informan. Pengumpulan data tambahan dilakukan melalui observasi dan dokumentasi dengan mencatat data yang terkait dengan masalah penelitian.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penelitian tentang perilaku karyawan dalam pelaksanaan tugas melalui pengembangan kepribadian, tidak optimal diarahkan pada pembinaan untuk meningkatkan perilaku karyawan yang dikombinasikan dengan motif (dorongan) untuk melaksanakan tugas, tidak diarahkan pada pembinaan yang optimal untuk meningkatkan daya tanggap karyawan terhadap sesuatu yang dilihat atau didengar dengan menggunakan indera, namun secara optimal diarahkan pada pelatihan untuk meningkatkan moral dan semangat karyawan dalam melakukan tugas-tugas melalui pemenuhan kesejahteraan karyawan. Pedoman yang tidak optimal tentang perilaku karyawan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan organisasi, karena berbagai masalah personalia kurang mendapat perhatian dari pimpinan organisasi. Masalah utama, antara lain, belum terpenuhinya kebutuhan dasar karyawan sebagai manusia, sehingga memengaruhi perilaku di tempat kerja. Masalah lain, tugas dan fungsi administrasi kepegawaian pembagian kerja tidak memiliki yang jelas dan mudah dipahami oleh semua karyawan sehingga karyawan dalam bekerja selalu menunggu pesanan
Disarankan perlunya kepemimpinan organisasi memberikan pembinaan yang lebih fokus pada peningkatan keterampilan karyawan berdasarkan motif atau paksaan yang selalu bersemangat untuk melaksanakan tugas, memberikan panduan yang lebih bertarget pada peningkatan daya tanggap karyawan yang mengerjakan masalah, dan memberikan bimbingan yang lebih banyak tentang meningkatkan semangat dan semangat karyawan dalam melakukan tugas sehubungan dengan peningkatan kesejahteraan.
Kata kunci: Perilaku, Pelaksanaan, Tugas, Administrasi, Sekolah